Dagang online

Kamis, 25 September 2014 · Posted in , , ,

Sudah hampir satu tahun sudah gue belajar menjadi pedagang, menjual barang yang diproduksi oleh orang lain dan gue jual melalui kaskus, twitter dan tentunya melalui mulut ke mulut. Kenapa gue sebut diri gue adalah seorang pedagang bukan pebisnis karena pedagang dan pebisnis itu beda. Pedagang adalah seseorang yang menjual barang yang sudah 'ada' lalu dipasarkan kembali. Nah kalo pebisnis adalah seseorang yang menciptakan brand atau merknya sendiri, biasanya pebisnis lebih dahulu mengutamakan membesarkan brand setelah itu baru mementingkan keuntungan. Ini pendapat gue pribadi tentang perbedaan dua pekerjaan ini yang banyak dianggap orang sama. Banyak yang menganggap sama karena toh UUD (ujung-ujungnya duit).

Ya pokoknya mah beda lah *biar cepet*


Dari dulu pengen banget terjun ke dunia dagang atau bisnis dan saat gue menjadi seorang pedagang awalnya gak sengaja. Waktu itu gue ngerasa bosen dengan potongan rambut gue yang potongan belah samping dan ada baiknya mencoba potongan rambut baru dengan potongan ala mafia-mafia di film. Yap. Klimis. Setelah gue potong rambut biar bisa disisir kebelakang tentunya gue butuh minyak rambut yang bisa membuat rambut ini klimis. Biasanya saat kita potong rambut di Barbershop kita ditawarin sama Si tukang potong rambutnya, Mau gak rambutnya dipakein gel?! Gue jawab iya.

Setelah itu gue merasa cukup oke dengan gel tersebut karena mampu membuat rambut gue tertata seperti yang gue mau. Rambut gue termasuk rambut yang bandel dan susah diatur. Sama kaya orangnya yang bandel dan susah diatur, orangnya aja bandel apalagi rambutnya. Hehe. Karena gue tertarik dengan gel tersebut lalu gue nanya: Ini gel dijual gak? Tukang potong rambut tersebut pun dengan lugas menjawab: Iya dijual tuh mas, kami produksi sendiri. Oke gue beli mas! Jawab gue semangat.

Esok paginya setelah gue mandi untuk berangkat kuliah pastinya gue pake itu gel buat rambut baru ini. Secolek dua colek gel tersebut gue pake untuk menata rambut. Gue pun tersadar bahwa memakai gel untuk rambut cukup menyita waktu biasanya gue cuma nyisir aja, lumayan kan waktu 10-15 menit habis hanya untuk menata rambut. Yasudah karena gue takut telat akhirnya gue mikir : "ah, ntar kalo uda sampe kampus jangan langsung masuk kelas, tapi ke WC dulu buat ngaca dan sisiran, nyisir sekarang percuma ntar juga berantakan karena pake helm".

Setelah dikampus dan terlebih dahulu ke WC untuk menata rambut, sejam dua jam gue merasa nyaman dengan rambut gue yang klimis karena gel tersebut, tetapi menjelang siang hari rambut gue jadi loyo dan gue pegang rambut gue ternyata rambut gue kering, khasiat gel tersebut hilang. Ternyata gel tersebut gak sesuai harapan. Harapan gue dengan memakai gel rambut gue jadi basah, kinclong sepanjang hari. Lah ini baru sampe siang aja udah loyo terkadang gue bisa sampe sore dikampus karena nongkrong dulu

Gue cerita sama temen-temen minyak rambut apa yang bisa bikin rambut klimis tahan lama kek mafia-mafia dalem pelem. Temen gue ada yang menganjurkan untuk nyoba merk A, ada yang menganjurkan merk B,  ada yang  menganjurkan merk C, intinya mah sama aja mereka nyebut merk minyak rambut yang jenisnya sama yaitu gel. Gue beranggapan kalo dasarnya gel walaupun berbeda merk ya pasti tetep sama aja atau gak beda jauhlah khasiatnya. Sama halnya dengan menjalin hubungan dengan cewek walaupun ceweknya beda, kalo cowoknya memang dasarnya seru ya hubungannya akan seru begitupun sebaliknya kalo cowoknya gak seru ya hubungannya gak akan seru *apasih* Seru? Emangnye nonton Smack Down!

Yaelah Tong Tong!   Lanjut kagak nih tong ceritanye?! Lanjut Cing! Kentang!

Sore hari setelah gue pulang kekosan gue penasaran dengan minyak rambut apa yang bisa bikin rambut gue klimis. Toh gue sering liat kok banyak cowok yang rambutnya klimis, ya salah satunya ya gue liat mafia-mafia dalem pelem. Gue memang tipikal orang yang suka penasaran dengan suatu hal. Gue pun googling untuk mencari ini. Gue lupa keyword yang gue ketik di google. Sampai pada akhirnya setelah gue berselancar di dunia maya rasa penasaran gue menemukan jawabannya. Minyak rambut yang bisa bikin rambut klimis itu berjenis pomade. Buat yang gak tahu pomade itu apa, pomade  adalah salah satu jenis minyak rambut bukan nama sebuah merk minyak rambut. Setelah gue baca-baca ternyata pomade itu berkomposisikan dari campuran-campuran zat yang bisa buat rambut kita tampak basah, klimis dan berkilau bahkan ada pomade yang mampu membuat rambut bertahan klimis 3 hari asal kita gak keramas. Edyan!

Gue pun nyari dimana aja tempat yang jual minyak rambut berjenis pomade ini, gue pun menemukan akun-akun twitter penjual pomade. Merknya beraneka ragam dan dikemas dengan kemasan yang eye-catching. Karena gue anak kosan, apa yang ada dibenak gue saat itu cuma satu yaitu how much money will i spend to buy a pomade? Ternyata mahal bro! mahal! harga pomade itu kisaran 100ribu-300ribu. Gila. Gue sih bisa aja beli tapi berhubung gue anak kosan yang kebutuhannya banyak ya masih pikir-pikir buat beli. Gue selidikin lagi kenapa pomade ini mahal banget harganya, ternyata pomade-pomade yang dijual itu adalah pomade buatan luar negeri. Mayoritas buatan Amerika. Padahal di Amerika sono harganya murah banget cuma 3-7 dolar. Tentunya barang yang masuk ke Indonesia jadi mahal karena biaya pengirimannya. Gue masih pikir-pikir buat beli dan akhirnya gue mikir ada gak pomade buatan Indonesia pasti murah kalo buatan lokal. Gue pun mencari lagi pomade buatan Indonesia via Google.

Ternyata cukup banyak pomade buatan Indonesia, beruntungnya saat itu ada banyak blog yang berisikan review tentang pomade Indonesia. Hampir di semua review mayoritas menyatakan bahwa kelemahan pomade Indonesia adalah baunya menyengat bahkan ada yang bilang baunya seperti Kakek-kakek walaupun hold and shine yang dihasilkan pomade Indonesia sangat baik saat digunakan dirambut, tapi percuma rambut klimis dan kinclong tapi bau kakek-kakek. Tahu kan pomade apa yang sering dipake sama kakek-kakek? Gue gak mau sebut merk. Gue gak putus asa buat nyari tahu, mungkin karena jodoh juga lalu ketemulah satu pomade buatan Indonesia. Berbagai review yang ada di internet bilang bahwa pomade ini berbeda dengan pomade Indonesia lainnya, terutama untuk masalah wangi. Wanginya enak untuk sekelas pomade buatan lokal, tingkat ketahanan dan kilau untuk digunakan di rambut yang dihasilkan dari pomade ini pun bisa bersaing dengan pomade lainnya.

Gue googling lagi dimana tempat gue bisa dapetin pomade ini, ternyata di google rank teratas muncul website pabrik tempat produksi pomade tersebut. Gue langsung buka website pabrik pomade ini dan ternyata harga pomade satu lusin itu memang murah. Disinilah naluri dagang gue yang terpendam keluar dan kebetulan pabrik tersebut mengharuskan konsumen harus membeli minimal satu lusin. Berhubung murah gue bakal pesen satu lusin, satu pomade akan gue pake sisanya akan gue coba jual secara online dan gue tawarin ke temen-temen.  Pabrik pomade tersebut ternyata berada di Surabaya dan ongkos kirim dari Surabaya ke Bandung gak terlalu mahal. Satu lusin pomade dengan biaya ongkos kirim hanya menghabiskan uang sekitar 145ribu aja. Harga lusin pomade tersebut tanpa ongkir sekitar 108000. Kalau dibagi berarti harga satuannya 9000. Gue pun nekat untuk menjualnya kepasaran dengan harga satu pomadenya 25ribu. 25 ribu dikali 11 = 275ribu, lumayan kan buat anak kosan hehe. Itu itung-itungan gue walaupun pada saat itu gue gak tahu pomade ini bakal laku atau nggak, tapi dalem hati kecil gue berucap mungkin ini jalan dari Tuhan untuk gue belajar berdagang.

Setelah gue telpon Contact Person yang ada di website pabrik buat mesen, orang pabrik tersebut bilang kemungkinan pengiriman barang dari Surabaya ke Bandung sekitar 2/3 hari. Ok No problemo. Sembari menunggu proses pengiriman gue belajar untuk memasarkan secara online, ternyata belum terlalu banyak orang yang menjual pomade ini. Gue jadi optimis pomade ini bakal laku dipasaran karena belum banyak yang jual dan pomade ini harganya terjangkau. Gue buat thread di forum jual beli kaskus, gue buat akun twitternya untuk berjualan. Lucunya saat itu adalah gue udah buat thread di kaskus dan akun twitter padahal pomade yang akan gue jual masih dalam proses pengiriman dan belum sampe tangan gue. Aneh ya. Setelah gue buat thread di kaskus dengan menyertakan didalamnya nomor handphone gue, keesokan harinya ternyata ada yang sms : "Gan, ini yang jual pomade ya? ane mau dong pesen satu mau nyoba plus ongkir ke jakarta jadi berapa gan kalo kirim pake JNE?

Oh My god! betapa senengnya gue saat itu. Padahal gue saat itu kurang paham dengan proses jual beli via online ini. Gue memang jarang banget belanja online. Gue agak lama bales sms itu karena mau mencari tahu biaya ongkir dari Bandung ke Jakarta berapa, ternyata biaya ongkirnya 9ribu. Selain seneng karena dapet sms tersebut gue juga bingung karena pomadenya sendiri belum ada ditangan gue. Yasudah guepun memutuskan untuk jujur ke orang yang sms tadi. "harga pomadenya 25ribu, ongkir ke jakarta 9 ribu total jadi 34ribu gan tapi pomadenya belum ada di ane nih, masih otw dari pabrik kalo mau nunggu gan, palingan besok atau lusa udah bisa ane kirim ke agan pomadenya. Isi sms gue barusan dibales lagi yang isinya "oh yaudah gan gpp, ane ntar sms lagi deh, ane book 1 ya gan" Ok gan! Jawab gue. Baru sehari gue buat thread di kaskus udah ada yang mesen aja.

Beberapa jam setelah gue menerima sms tadi eh ada lagi yang sms mau mesen pomade. Kurang lebih isi sms nya sama dengan isi sms yang gue terima sebelumnya dan gue bales kurang lebih juga sama. Ternyata oh ternyata udah banyak aja yang mesen. Rejeki anak sholeh yang kurang ngajar nih! Kelanjutan cerita ini akan gue terusin di postingan selanjutnya.

Penasaran Gak? Gak Tuh! WLEEK!

BERSAMBUNG

5 Responses to “Dagang online”

Diberdayakan oleh Blogger.