Archive for November 2013

Faktanya Adalah...

Jumat, 29 November 2013 · Posted in


"Ilmu pengetahuan belum pernah bisa seratus persen bebas dan netral dari pengaruh dan kepentingan politik-ekonomi negara-negara, korporasi dan kekuatan-kekuatan global lainnya"




Gimana menurut Lo?

Rasisme

Jumat, 15 November 2013 · Posted in

Sampai postingan ini gue buat, gue masih belum bisa menemukan buku tentang rasisme. Yap, gue butuh buku tentang rasisme buat bahan skripsi gue yang menyangkut masalah rasisme. Walaupun skripsi gue sebenernya membahas tentang film yang berisikan konten rasisme didalamnya, yah tetep aja gue butuh buku ini (baca:barang yang sekarang ini lagi gue butuhin banget selain Harley davidson sportster iron 883)


Hahaha.

Setelah gue googling ternyata ada satu buku tentang rasisme. Judul lengkapnya Rasisme, Sejarah Singkat. Penulisnya bernama George M. Frederickson. Ini cover buku tersebut, yang gue ambil di Google.


Beberapa waktu lalu, gue nyari nih buku di Gramedia depan Bandung Indah Plaza, dan gak ada stock. Setelah dari Gramedia gue langsung ke toko-toko buku di Palasari, gue optimis di Palasari nih buku ada, yang tinggal di Bandung pasti udah tau betapa terkenalnya kawasan Palasari tentang buku-buku, makanya gue optimis. Gue masukin satu persatu toko buku di Palasari, dan eng ing eng, gak ada satupun yang jual ini buku. Damn! 
Dan gue langsung cabut dari Palasari untuk nyari ke toko-toko buku lainnya, seperti Togamas, Rumah Buku, sampai ke Kawasan Dewi Sartika yang banyak menjual buku-buku bekas. And You Know What?! GAK ADA JUGA!!

Gila, susah banget nyari nih buku, udah kayak nyari cewek cantik zaman sekarang yang belum pernah diapa2in.Oya, coba deh lo pikirin, ada gak cewek cantik zaman sekarang yang belum pernah disentuh atau perawan dari atas ampe bawah? Gak ada kan? Ini kan problem buat kita para cowok-cowok, ini sebuah isu besar buat kita, Men!

Lah kok jadi ngawur gini ya.

Ngemeng-ngemeng masalah tentang rasisme, gue jadi melupakan sejenak tentang ini buku dan jadi kepikiran tentang rasisme di Indonesia, di acara-acara komedi sering banget nge-jokes yang berbau rasis. Apakah Komedian di Indonesia, kehabisan bahan?

Padahal di luar negeri rasisme udah menjadi isu global yang sensitif, yang sering kita dengar adalah rasisme di dunia sepakbola. Beberapa waktu lalu UEFA baru saja memberikan hukuman kepada klub sepakbola Rusia CSKA Moskow akibat ulah suporternya yang rasis terhadap Gelandang Manchester City, Yaya Toure. Hukuman yang diberikan berupa penutupan satu bagian stadion kepada CSKA Moskow untuk pertandingan lanjutan Liga Champions melawan Bayern Munchen pada tanggal 27 November 2013. Seperti yang gue baca di salah satu media online, Michel Platini selaku Ketua UEFA mengatakan "Semua bentuk perilaku rasis dianggap pelanggaran serius dan dihukum dengan sanksi yang sangat berat".

Kasus rasisme lain di dunia Sepakbola, yang masih teringat di para pecinta sepakbola salah satunya adalah, rasis yang dilakukan Striker Liverpool terhadap WingBack klub Manchester United (Baca: Tim Sepakbola favorit Penulis) Patrice Evra. FA menjatuhkan hukuman larangan tidak boleh membela Liverpool selama 8 pertandingan untuk Luis Suarez. Tegas!
Masih banyak kasus rasisme di dunia sepakbola, kalo mau dimasukkin semuanya di postingan ini, mungkin gak indah untuk dibaca *sebenernya sih males nginget*
Sudah terbayang oleh kita Warga Negara Indonesia bahwa rasisme di luar sana sudah menjadi isu global yang sensitif. Ya kan? Iyain aja deh, biar cepet.

Apakah salah mereka terlahir Negro? Apakah salah kami terlahir dengan wajah oriental?
Hargai sedikit perbedaan, fisik sudah ditakdirkan Sang Maha Pencipta. Menghina ciptaan Tuhan, berarti Menghina Tuhan secara langsung.


Terakhir, gue berharap bisa dapetin bukunya untuk referensi skripsi gue dan semoga rasisme tidak dianggap sepele lagi.
Hal sepele bisa menjadi sebuah hal yang besar karena terlalu dianggap sepele.



Sebagai penutup, gue cuma mau memperlihatkan gambar dibawah ini 






Diberdayakan oleh Blogger.