Hey, Jangan Menjadi Tua!

Kamis, 06 Juni 2013 · Posted in ,

Gue punya seorang temen yang seumuran, beberapa waktu yang lalu Ia memberi kabar bahwa Ia diterima kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil disalah satu kantor pemerintahan dan memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliahnya. Yap, sebuah kabar yang baik, bisa diterima kerja tanpa harus menjadi sarjana terlebih dahulu. Enak!
Walaupun gue sempet berpikir "kok bisa ya keterima jadi PNS tanpa ijazah sarjana, dan hanya mengandalkan ijazah SMA?" Ah, sudahlah gue gak mau mikir yang aneh-aneh kenapa temen gue ini bisa keterima jadi PNS. You know what i mean, right?!

Setelah beberapa bulan Ia bekerja, gue merasakan ada yang berubah dengan temen gue ini. Pertama, gue melihat penampilannya, sangat berubah dari sebelum Ia bekerja. Penampilannya ketika tidak memakai seragam kerja atau penampilannya sehari-hari, sangat dewasa sekali. Ya langsung aja deh bilang penampilannya jadi tua banget. Tidak seperti penampilan anak-anak muda seumuran kami. Kemana-mana Ia memakai kemeja atau kaos berkerah dengan memakai daleman singlet, celana jeans dengan model bapak-bapak yang warnanya kelihatan baru terus, terkadang memakai celana yang berbahan halus, sendal kulit yang modelnya sama seperti yang dipakai oleh Ayah-Ayah kita, memakai cincin dengan batu yang besar, entah apa nama jenis cincin seperti ini, kalau kalian melihat orang-orang tua yang memakai cincin yang besar-besar, ya seperti itulah cincin yang Ia pakai. Dan yang lebih parahnya lagi adalah perutnya menjadi buncit. Persis seperti Bapak-bapak umur 40 tahun keatas pada umumnya. Yang kedua adalah cara berbicaranya yang berubah, nada Ia berbicara menjadi sedikit berwibawa, dan memakai bahasa-bahasa baku setiap berbicara, contohnya "Sudah, biasa saja". Yang ketiga adalah, caranya duduk. Ketika duduk, badannya dibuat menjadi tegap. Kalian juga tahu kan perbedaan cara duduk anak muda dengan orang tua.

Apakah lingkungan tempat Ia bekerja mempengaruhinya? Apakah kodratnya memang seperti ini? Ketika seseorang sudah bekerja dan menganggap sudah waktunya untuk menjadi dewasa harus berubah juga dari penampilan, hingga hal-hal lainnya?
Menurut gue gak harus gitu juga. Banyak orang-orang yang sudah tua tetapi ingin tetap muda dengan berbagai cara, ini malah anak muda yang menjadi orang tua. Hadeuh. Saatnya taruh tangan dijidat terus bilang "Capeeek deh!"

Semua manusia akan tua pada waktunya, buat penampilan dan hal lainnya tidak harus ikut menua kan.



Tua itu kan hanya sebuah angka yang disebut umur. Walaupun umur sudah tua tapi harus tetap berjiwa muda. Gak haram kok. Tidak perlu berubah semuanya, biar umur saja yang berubah.

Kalo gue ogah deh berpenampilan tua.
Kalo lo?


Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.