Archive for Oktober 2012

Bisikan-Bisikan Menyebalkan

Selasa, 30 Oktober 2012 · Posted in

Yooo wazaaap people. Cees daas cees, deem deem aah *suara beatbox*

Sebentar lagi gue mau menghadapi UTS di semester 5 ini. Gue harus banyak baca dan banyak mengulas pelajaran-pelajaran. Tapi, yang jadi penyakit gue itu kalo udah mau belajar pasti gue itu banyak mau dan banyak cincong. Ketika udah duduk di kursi dengan bahan-bahan pelajaran yang akan gue baca, pasti ada aja bisikan-bisikan yang nyuruh gue ini itu segala macem, entah itu bisikan apa. Bisikan setan kali ya? Lagi asik-asik baca, ada bisikan yang berbisik : "Udah, beli cemilan aja dulu, biar enak belajarnya sambil ngemil". Dan gue mikir "iya juga".

Yaudah gue langsung berangkat ke Minimarket beli cemilan.

Terus gue belajar sambil ngemil, setelah cemilannya abis atau gue udah ngerasa kenyang. Ehh, ada bisikan lagi "Udah ngerokok dulu, kan enak tuh abis ngemil langsung ngerokok, sebatang aja, udah itu baru lanjut belajar lagi". Yak, gue jadinya ngerokok dulu deh. Setelah sebatang rokok Marlboro merah selesai gue hisap, terus gue buang puntung rokoknya di dalem dompet. *lho*

Gue lanjut belajar lagi dengan harapan gak ada lagi bisikan-bisikan kampret itu. Dan ternyata, ada lagi bisikan itu, kali ini berbisik : "buat kopi dong, biar belajarnya enak, kan lo suka ngopi". Oke, gue langsung buat kopi, dan menaruh kopi itu dideket bahan-bahan pelajaran gue.

Mau ngelanjut belajar lagi, ada lagi bisikan "Udah, mandi aja dulu, biar seger". Selesai mandi, dan mau lanjut belajar, ada bisikan lagi : "kalo mau maen game, maen aja dulu bentar"

Buseeeet.

Untung aja bisikannya masih rada masuk akal, coba kalo ada bisikan yang nyuruh gue : "Udah jungkir balik aja dulu ditengah jalan raya sambil makan bakwan".

Kan gue bisa mati.

Ah, banyak banget bisikan-bisikan setan itu. Kampret! Gue jadi kesel sendiri, terus gue teriak di dalem kamar : "BUNUH AJA GUE, BUNUH!"

Hahahaha.

Rawr. Susah banget ye buat fokus. Jujur aja, gue cuma bisa fokus ya saat gue lagi berak. Makanya setiap gue berak, pasti sambil bawa apa aja yang bisa dibaca, entah itu buku, majalah, koran, catetan-catetan gue, brosur, resep obat, spanduk, kuitansi, KTP, KTM, SIM. Apa aja deh yang penting ada tulisannya.

Masa gue harus berak dulu sih kalo gue lagi mau belajar. Atau mungkin biar fokus belajar terus gak diganggu dengan bisikan-bisikan itu, ya belajar sambil tidur.

Udah deh ah.
Mungkin cara ampuh untuk melawan bisikan-bisikan itu, sebelum belajar ya harus mengucapkan Bismillah dulu. Cieeeee.

*Bijak lo bro*

*Ah, biasa saja*






Tips potong rambut

Sabtu, 27 Oktober 2012 · Posted in ,

Gak semua apa yang kita inginkan selalu terealisasikan. Ya contoh kecilnya aja kalo potong rambut. Suatu hal yang wajar kalo tukang potong rambut itu motong rambutnya gak sesuai dengan apa yang kita mau. Tukang potong rambut kan bukan Soulmate kita. Yang selalu bisa ngertiin kita, selalu tau apa yang kita mau, selalu bisa bikin kita nyaman, selalu ngerti kalo kita lagi diem itu kenapa, dan pelukannya yang bisa bikin kita hangat. *lah kok jadi gini*.

Kadang-kadang gue mikir, pernah takut untuk potong rambut. Pernah trauma juga dengan tukang potong rambut, hasil potongannya itu gak banget, dan gak banget lah pokoknya. Suka kesel sendiri gitu jadinya, dan cuma berharap rambut bisa tumbuh dengan cepet. Tapi, sekarang gue udah punya cara supaya gue gak takut untuk potong rambut lagi.

Nah, waktu pengen potong rambut. Tukang potong rambutnya pasti nanya gini ke kita :

  • Mau dipotong gimana?
  • Hayang dipotong kumaha buuk na?
  • What do you want to haircut?
  • Corte de pelo, ¿cómo? 
  • Haircut nola? 
  • TONSUS quomodo?
  • Gelem potong rambut piye?
Maaf banget buat yang gak ngerti bahasa-bahasa diatas. Bukannya mau sombong atau gimana, karena gue sendiri udah pernah beberapa kali potong rambut di berbagai daerah dan di berbagai Negara.(Mobil Ambulance pun lewat, sirenenya berbunyi : ngibul.. ngibul.. ngibul.. ngibul)

Jawab pertanyaan tukang potong rambut tersebut dengan suara tegas, mata melotot, tunjukkan otot lengan, gebrak meja kalo perlu. "Saya cuma pengen dipotong bagian samping dan belakangnya aja, mas!!". Tukang potong rambutnya pasti jawab : "Biasaa ajaa kaleeee, gak usah pake ngegas-ngegas. (yaiyalah, tukang potong rambutnya kesel)

Mungkin anda bertanya-tanya kenapa cuma bagian samping dan belakangnya aja yang dipotong? Mungkin anda bertanya-tanya kenapa rambut bagian depan atau poninya gak dipotong? Mungkin anda bertanya-tanya kenapa Megan Fox itu sexy? Mungkin juga anda bertanya-tanya kenapa rokok masih dihisap walaupun tahu rokok itu gak ada gunanya?
*Apa sih*

Setelah pulang kerumah, kekosan, kekontrakan, atau kepohon. Ya tinggal ngaca deh. Analisa potongan rambutnya, apa kira-kira udah cukup dengan gak motong rambut bagian depan/poninya. Atau ngerasa gak cocok dengan rambut bagian depannya yang gak dipotong. Kalo ngerasa gak puas, ya siapin aja gunting sasak. Potong sendiri deh bagian depannya. Santai, gak akan berantakan kok hasilnya. Motongnya itu sedikit demi sedikit. Potong dikit terus ngaca, potong dikit terus ngaca, potong dikit terus ngaca, potong titit terus ngaca.(eh, salah ketik)

Potong sesuai dengan selera, jika suka boleh nambah.

Hanya sekedar tips, mungkin aja dengan membagi tips ini, gue bisa dapet pahala. Amien.
 *emang nambah pahala ya?*

Harapan Untuk PLN

Selasa, 16 Oktober 2012 · Posted in , ,


Daerah Provinsi Lampung sering kali mengalami Pemadaman listrik bergilir oleh PLN. Pemadaman listrik bergilir ini bisa berlangsung sampai berjam-jam. Bah, pastinya kita selalu merasa kesal kalau listrik padam, apalagi pemadaman listriknya berjam-jam. Sedang berada di Rumah, Kantor, ataupun Sekolah/Kampus kegiatannya hampir semua dilakukan menggunakan listrik. Tidur dirumah saja memakai listrik. Banyak dari kita tidak bisa tidur kalau tidak menggunakan kipas angin/AC. Istilahnya hanya untuk tidur saja perlu listrik, apalagi untuk kegiatan yang lain. Untuk yang suka membaca buku, tidak jadi masalah jika membacanya pada siang hari, tapi kebanyakan dari kita membaca buku pelajaran, dan belajar biasanya dilakukan pada Malam Hari atau membaca buku/novel kegemaran kita dikala kita sebelum tidur pada Malam Hari.

Bayangkan saja membaca dan belajar memakai lilin. Itu cuma sedikit bagian dari aktifitas kita dengan listrik. Masih banyak aktifitas kehidupan kita yang sangat membutuhkan listrik, bahkan kita sangat bergantung dengan listrik. Mayoritas masyarakat Indonesia tidak mempunyai genset listrik untuk antisipasi pemadaman listrik.


Hidup tanpa listrik bagai taman tak berbunga. Hoi, begitulah kata para Pujangga. 


Kita sebagai Warga Negara sudah mencoba untuk menjadi Warga Negara yang baik dengan mematuhi himbauan dari PLN, seperti :

  • Menghemat pemakaian listrik
  • Membayar tagihan tepat waktu
  • Mencoba menerima dengan ikhlas kenaikan tagihan listrik
  • Mencoba menerima dengan ikhlas (lagi) bahwa pemadaman listrik dikarenakan ada kerusakan, perbaikan, dan penghematan dan alasan lainnya (Tapi kalau ada kerusakan kok bisa bergilir ya, Masbro? kok bisa sering banget ada perbaikan? Yah, kita tidak tahu apakah alasan-alasan itu benar atau tidak)
Sangat mustahil kalau ada Warga Negara Indonesia yang senang ketika PLN melakukan pemadaman listrik. Tidak mungkin ada yang bilang 'Hore, mati lampu'. Yang ada respons dari kita adalah :

  • *Ya ampun PLN, sudah bayar tagihan mahal, tagihan naik terus bayarnya, masih saja suka mati lampu*
  • Kalau lagi kesurupan Malaikat baik yang suka ada disebelah kanan kita, responnya : sabar... sabar... *elus-elus dada*
  • Nah, kalau yang lagi kesurupan Setan jahat yang suka ada disebelah kiri kita, responnya : *menyebutkan isi dari kebun binatang* .......*****....... (Sensor)
Harapan-harapan saya untuk PLN adalah :

  • Jika memang pemadaman listrik harus dilakukan dikarenakan ada kerusakan, perbaikan ataupun lainnya harap dilakukan dengan cepat sehingga pemadaman listrik tidak terlalu lama.
  • Jika pemadaman listrik bergilir dilakukan untuk kemajuan PLN kami semua akan terima itu. Tapi kami harus pertanyakan untuk apa kenaikan tarif listrik jika masih sering ada pemadaman listrik?
  • Di daerah perkotaan saja masih banyak yang tidak memiliki lampu, bisa dibayangkan sendiri betapa gelapnya ketika malam hari. Jalan yang gelap bisa memicu tindakan kriminal.
  • Di daerah terpencil masih banyak yang belum menikmati listrik, seharusnya PLN bisa memasok listrik daerah terpencil sehingga seluruh wilayah Indonesia bisa menikmati listrik.
  • Kita bandingkan dengan pusat perbelanjaan dan pusat-pusat hiburan di perkotaan yang curahan listriknya sangat memadai, bahkan bisa dibilang sangat boros pemakaian listriknya.
  • Andai PLN melakukan teguran terhadap pusat perbelanjaan dan pusat-pusat hiburan untuk menghemat listrik, dan harus ada peraturan baru dari PLN untuk pengurangan pemakaian listrik. Lalu, ketika daya listrik dipusat perbelanjaan dan pusat-pusat hiburan dikurangi, jatah pengurangan tersebut bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur PLN di daerah terpencil.
  • JIka PLN melakukan pemadaman listrik harus ada sosialisasi mengapa pemadaman itu dilakukan. Pemberitahuan bisa dilakukan sehari atau dua hari sebelum pemadaman. Bisa melalui Radio, Siaran TV lokal, Mobil keliling, pengumuman di masjid dan cara-cara lainnya. Beritahukan kepada kami alasan pemadaman, berapa lama pemadaman akan berlangsung, yang penting pemberitahuan jelas. Sehingga membuat kami para masyarakat dapat mempersiapkan untuk pemadaman listrik, dan tidak kaget karena dilakukan pemadaman oleh PLN.
  • Tarif listrik harus wajar. Masyarakat akan menerima jika harga tarif dasar listrik terus naik dikarenakan PLN melakukan perbaikan-perbaikan yang membuat kami merasa wajar untuk membayar tagihan listrik yang terus naik.
  • Saya juga sering menonton berita di Televisi banyak rumah yang terbakar dikarenakan hubungan arus pendek listrik. Ini sudah menjadi kewajiban PLN untuk merawat perangkat listriknya agar tidak terjadi kebakaran dikarenakan hubungan arus pendek listrik.
  • PLN harus melakukan pemeriksaan perangkat-perangkatnya ke rumah-rumah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti point diatas.
  • Saya juga sering mendengar banyak oknum yang berpura-pura menjadi pegawai PLN untuk memeras Masyarakat. PLN harus melakukan penyuluhan dan bisa memberitahukan kepada Masyarakat bahwa pegawai PLN tidak akan memungut biaya dari masyarakat dalam bentuk apapun ketika Masyarakat membutuhkan jasa pegawai PLN. Terkecuali ketika Masyarakat yang memberi imbalan kepada Pegawai PLN dengan ikhlas.
  • PLN harus merekrut SDM yang cerdas dan kompeten untuk peningkatan infrastruktur PLN dan menjauhi KKN dalam perekrutan SDM.
  • Indonesia adalah Negara yang kaya akan sumber daya alam. PLN harus bisa memanfaatkan berkah dari Tuhan ini, yaitu dengan mengembangkan sumber bahan bakar alternatif, contohnya : dengan menggunakan batubara dan gas bumi.
  • Terakhir harapan Saya adalah, PLN harus mencintai Masyarakat Indonesia. Ingin cintanya dibalas dengan Masyarakat? Rangkul Masyarakat  untuk mencintai kalian dengan cara melakukan semua harapan Rakyat dan mendengarkan keluhan masyarakat tentang listrik. Kami akan senang hati membantu PLN untuk perbaikan segala hal demi kemajuan PLN dan kemajuan kehidupan kami sebagai Masyarakat Indonesia. 
Saya memang hanya pengguna listrik, Saya juga tidak mengerti tentang listrik-listrikan dan Saya tidak seperti listrik yang bisa menyetrum. Tetapi, lewat tulisan Saya yang simple ini, sesimple mencari jarum di dalam jerami(Lho? mencari jarum dalam jemari kan susah?! iya.. iya.. bercanda kok.. *tabok*) Saya harap PLN dapat melihat harapan-harapan saya dan dapat mewujudkannya.

Saya yakin PLN bisa! 





Dedicated to :

Diberdayakan oleh Blogger.