Rasa nasionalis dan rasa iri

Rabu, 04 April 2012 · Posted in

Nasionalisme, ya atau bahasa simpelnya ya rasa cinta terhadap negara ini memang harus ada di dalam diri kita sebagai seorang warga negara Indonesia. Walaupun Negara ini banyak banget yang bikin kita seakan kesel, aneh, gak masuk akal, bahkan lucu karena tingkah laku pemerintah. Menurut gue ya wajarlah namanya banyak orang Indonesia yang ingin Negara ini bisa jadi kayak Negara lain. Toh, manusiawi kan namanya. Rasa iri akan kehebatan Negara lain, yang Negaranya bisa ini, bisa itu, blah blah blah.
Gue dan orang lain mungkin pernah berucap "Coba Indonesia bisa kayak negara ini, atau warga negara Indonesia bisa kayak warga negara lain". Lalu ketika gue berbicara seperti itu, orang2 sekitar gue pasti bilang "dimana rasa nasionalisme lo". Hey, gak perlu jadi orang yang munafik, kita semua emang orang Indonesia dan pastinya kita cinta, tapi pasti ada deh di hati kecil kita semua supaya Indonesia bisa jadi lebih baik. Nasionalis kan bukan dilihat dari omongan, atribut, nge-twit atau apalah.

Fakta lainnya aja banyak warga negara Indonesia yang mengidolai superstars dari Inggris, Hollywood, Bollywood, Korea, Jepang, Jamaika, Nigeria atau orang2 hebat dari negara lainnya. Ya wajar orang Indonesia gak punya sosok yang patut menjadi panutan di bidang politik dan kenegaraan. Banyak yang lebih menghabiskan waktu dengan kesenangan dengan mengidolai bintang pujaan mereka daripada memikirkan tentang politik di negeri ini. Gue cuma beranggapan bahwa rasa iri itu hanyalah sebuah rasa yang manusiawi dalam manusia.

Dan tentang partai politik yang berkuasa di negara ini, lalu bagaimana sosok independen yang ingin berkecimpung di dunia politik tapi gak pengen masuk ke partai politik? Gue yakin banyak orang independen di negara ini yang punya idealisme yang hebat tapi jadi mundur dan gak berani berkecimpung di dunia politik karena gak pengen masuk partai politik.

Banyak lagi orang hebat di negara ini yang malah seakan lebih "dihargai" di negara lain daripada di negara sendiri. Dan ketika seakan-akan orang bule yang tinggal di negara ini, malah diagung2kan dan dibanggakan. Lihat saja fakta di televisi kita. Betapa bodohnya kalo dipikir, mereka itu kan bule yang gak laku dan gak kepake di negaranya, tapi kenapa di Indonesia bisa jadi orang yang hebat!

Gak akan ada habisnya nih kalo mau bahas ini negara, intinya adalah rasa iri dengan negara lain itu adalah harusnya bisa dijadikan patokan. Rasa iri karena ingin menjadi seperti mereka, ambil sisi positifnya.
Finally, banyak sistem yang harus dirombak, dan butuh waktu untuk membuat negara ini menjadi negara yang sekuat macan.

Ya maksud gue sih bukan malah menjadi gak bersyukur atau gimana, intinya maksud gue itu, ya ambil sisi positif dari negara lain dan kembangkan di Indonesia.
 .
*yasudah makan dulu sana*







Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.