Archive for November 2011

Blog Aneh Ini

Rabu, 30 November 2011 · Posted in ,


Pertama nya di blog gue ini kan nama nya rizky-andwika.blogspot, trus karena gue janggal ada pemisah nama gue yang pake tanda (-) lalu gue ganti dengan gak pake tanda itu. Dan gue lupa banget buat ngekspor itu blog. Karena ganti nama tanpa diekspor seperti blog itu ngulang lagi dari pertama, ya walaupun postingan nya gak ilang sih, Tapi banyak kerugian yang hilang dan ngulang dari pertama lagi. Seperti : kalau search engine di google, like dari orang2, dan page view nya ngulang dari nol. 
Gue juga aneh kenapa gue ganti! jadi nya rada nyesel juga.  

Iya aneh sih lu nih, iya aneh ya gue, iya aneh lu itu, yaudah donk biasa aja kalee, yaudah donk gak usah nyolot gitu, siapa juga yang nyolot, nah! tadi lo ngomong nya gitu, yaudahlah biasa aja, lo ngomong nya nyolot, ya terserah gue lah mulut2 gue, yaudah pergi sana lo, iya awas lo! iya gue tunggu lo!




PAKE GUE LEBIH ENAK!


Di posting2 gue sebelumnya kan gue tiap ngepost selalu pake kata 'saya', dan sekarang gue mau make 'gue' aja deh. Gue mikir gini make 'saya' kayaknya lebih kaku aja gitu dan gue mikir juga, pake kata 'gue' itu lebih gampang di cerna sama gue dan orang lain nya. Bukan nya gak sopan atau gimana kalau gue mutusin pake 'gue2', tapi rata2 yang baca blog ini seumuran sama gue atau ya temen2 gue semua. Nah gue sama temen2 gue kan make "gue-lo" nah lebih pas aja kan kalau make "gue". Lagian pake saya terlalu gimana gitu. Pake "saya" kemarin2 di postingan gue seperti ada yang aneh aja gitu. Gak tau gue juga kenapa?
Ya tapi gak terus2an juga gue ntar pake kata 'gue' tergantung dari apa yang mau gue tulis. Buat sekarang2 ini gak pake kata 'saya' dulu. 

Jadi kan santai bahasa posting nya tapi bisa serius juga walau bahasa nya ntar bahasa2 santai gitu.

Intinya maksud gue, make bahasa2 santai lebih enak. Bisa lebih lepas nulis nya.

Dan gue bingung dengan blog ini, ada yang serius, ada yang lucu2an, ya terus mau jadi apa blog ini?
ya inti nya ya terserah gue lah.

Konsep Bahagia

Minggu, 27 November 2011 · Posted in



Gue sering mengamati orang2 sekitar gue dan di dunia ini  tentang sebuah kata dan makna dari bahagia, dan gue bakal ngebahas tentang bahagia kali ini lebih tepatnya konsep bahagia menurut orang2 dan dari hasil pengamatan gue, dan pastinya konsep bahagia orang2 itu berbeda. Menjadi manusia yang bahagia kan begini 'mensyukuri apa pun yang ada dalam hidup kita dan gak pernah ngeluh dengan apa yang terjadi dalam hidup kita'. Itu jawaban yang simple tentang gimana konsep bahagia tapi susah buat dijadiin prinsip hidup agar kita menjadi manusia yang bahagia.

Ada juga yang mungkin konsep nya begini walaupun gak "diakuin" sama orang2 tersebut,  mereka merasakan bahagia kalau begini :
1. Ketika mereka sedang di sorot.
2. Ketika di puja2 oleh orang2.
3. Bisa beli barang2 yang di mau dengan mudah dan punya segala nya.
4. Ketika Lagi punya banyak uang.
5. Gak pengen punya masalah dalam hidup nya dan pengen hidup nya merasa bahagia terus tanpa ada hal yang bikin dia sedih.

Nah gue bakalan komentarin dari point2 di atas :

1. Disorot karena apa dulu nih? kalau di sorot karena prestasi dan sebuah hasil dari kerja keras nya gue setuju aja . Tapi kalau di sorot karena sensasi yang di buat, wah itu salah banget. Contoh nya ya bisa diliat di TV, banyak artis yang nyari sensasi yang murahan dan aneh banget menurut gue, gak bisa gue sebutin satu2. Pasti nya juga pada tau semua kan tingkah laku yang aneh dari orang2 yang begini, orang2 gini mah banyak banget di Indonesia. Ketenaran di raih karena ada nya sebuah hal yang di raih bukan karena sensasi semata.

2. Di puja oleh orang2 banyak mungkin suatu hal yang pengen ada dalam diri seseorang. Tapi perlu di sadari dulu oleh kita semua, sebenarnya ini hampir sama dengan yang nomor satu tadi.Gue ambil contoh gini, banyak banget orang2 yang pengen seperti para idola mereka, dan ngikutin perkembangan idola mereka bahkan ada yang ngikutin cara dandanan nya dan mencoba di mirip2in dengan idola nya tersebut. Karena kan pasti nya idola mereka tersebut di puja2 oleh orang banyak.
Seperti cowok asal Filipina ini, dia sampe operasi plastik buat mirip banget dengan idolanya yaitu Superman. Lebay ini orang menurut gue. Gue setuju banget dengan Band asal bali yaitu Superman Is Dead. Filosofi kenapa band ini ngasih nama seperti itu alesan nya adalah "DI dunia ini gak ada manusia/mahluk sempurna seperti Superman". 
Dan itu hanya di sebuah film yang menurut gue 'pembodohan' buat masyarakat. Cowok ini pasti nya merasa bahagia banget kali ya ketika dia udah operasi seperti itu. Dia udah menyalahkan kodrat nya dan membuat dosa yang sangat besar karena dia udah mengganti/tidak mensyukuri apa yang udah diberikan oleh Tuhan Sang Pencipta.
'Dunia semakin kacau'. 

3. Ketika bisa membeli barang yang di mau menurut sebagian orang bisa membuat nya bahagia, dan punya segala nya yang dimau. Menurut gue, gue setuju dengan konsep bahagia yang satu ini. Tapi gue berpendapat bahwa kalau orang bisa membeli barang dengan hasil uang sendiri dengan kata lain tidak meminta barang yang mau dibeli dari orang tua! Pengamatan gue gini banyak orang Indonesia membeli barang dengan melihat 'gengsi' bukan nya fungsi atau kegunaan dari barang tersebut. Ya inilah orang Indonesia punya barang mahal/bagus karena lebih kepada faktor 'gengsi' daripada kebutuhan. Walaupun mereka gak mau ngaku 'gengsi' nya yang tinggi tersebut. Bukan masalah gue mau ikut campur masalah orang lain tapi ini jadi sebuah problem orang2 Indonesia yang susah maju dan gak bisa berpikir dengan logika nya. Ya jangan salahkan siapa pun kalau negara kita sekarang banyak tertinggal dari negara lain nya. Ya warga Indonesia nya aja pada begini.

4. Punya uang banyak semua orang mau. Tapi punya uang banyak dengan hasil keringat sendiri itu luar biasa. Orang2 yang mempunyai uang banyak dan mencari uang dengan kerja keras sendiri bersiaplah untuk hidup bahagia kelak.

5. Gak punya masalah dalam hidup mustahil banget. Di sekeliling gue begitu banyak orang2 atau temen2 gue yang hidup nya 'menggerutu' aja. Selalu bilang gini "kenapa sih hidup gue begini banget", "pusing gue kalau begini terus". Mereka hanya bisa mengeluh dengan apa yang terjadi dengan kehidupan mereka. Hidup ini singkat guys jangan berlama-lama dengan kesedihan. Masalah dateng ke lo itu karena lo gak bisa merubah hidup lo. Lo bisa nya cuman ngomong dengan hal2 yang gak lo lakuin. Maksud gue itu "ayo dilakuin/dikejar/diraih/diubah hidup lo dengan cara2  yang lo yakini dengan idealis lo dan jangan di omongin aja tapi gak pernah bertindak. 
Kita semua bisa ngeraih cita2 kita dan kita semua bisa hidup bahagia kalau kita usaha dan jangan diem aja. Kebahagiaan yang kita idam2kan gak dateng dengan sendiri nya atau berubah gitu aja. Tapi karena kita kejar.

Kita kan dalam kehidupan ini berperan sebagai :

1. Anak dari orang tua kita dan sebagai anggota keluarga.
2. Warga yang tinggal di sebuah negara.
3. Umat dari Tuhan kita.

Pendapat gue tentang 3 point di atas begini : gue bisa bahagia kalau sebagai anak bisa buat orang tua gue seneng kalau gue udah bisa bikin mereka bangga . Yang ke dua gue bisa bahagia kalu gue sebagai warga negara bisa berbuat sesuatu buat negara contoh nya bisa ngelakuin sesuatu hal buat kemajuan negara. Yang ketiga gue bisa bahagia kalau gue suatu saat nanti bisa menjalankan apa perintah dari agama gue yaitu agama Islam dan menjauhkan segala larangan dari agama gue.

3 konsep bahagia di atas itulah bahagia yang sebener nya dengan di tambah kalau kita udah bisa mewujudkan semua cita2 kita. 


PERGILAH MENCARI KEBAHAGIAAN DAN PULANGLAH DENGAN  MEMBAWA KEBAHAGIAAN


Bahagia itu kita yang buat, bukan dateng apalagi kita tunggu. Kita menunggu kebahagiaan? Gak akan pernah dateng bahagia nya. Ayo menciptakan kebahagiaan. 



Disabilitas dan Pandangan Masyarakat

Selasa, 22 November 2011 · Posted in

Kontes Blogging Kartunet 2011


Di perumahan tempat gue tinggal yaitu di Perumahan Kemiling Beringin Raya Bandar Lampung, tiap malemnya pasti ada aja para disabilitas tepat nya penyandang tuna netra. Mereka setiap malem berkeliling komplek untuk mencari apakah ada orang yang membutuhkan jasa mereka, di tempat gue ini para tuna netra nya bekerja sebagai tukang pijat. Betapa mirisnya mereka mencari nafkah dengan cara seperti itu. Okelah memang pekerjaan itu bisa dikategorikan sebuah pekerjaan yang halal, tapi menurut gue dan pastinya menurut orang-orang lain nya ini adalah sebuah pekerjaan yang dikategorikan "tidak layak".

Bayangin guys mereka keliling komplek dengan jalan kaki dengan megang tongkat besi buat ngebantu mereka berjalan dan ngebunyiin tongkat dengan cara di ketokin ke aspal biar bunyi supaya para warga tau itu mereka. Yang gue tau tarif mereka sekali mijat orang itu sekitar Rp. 25ribu - Rp. 30.000 . Kalau gw pikir gimana misalnya kalau mereka ini gak dapet warga yang lagi butuh jasa mereka?
Dan faktanya lagi di komplek tempat gue tinggal itu banyak banget disabilitas  yang berprofesi seperti ini. 

Belum tentu dapet yang mau di pijat dan ditambah lagi ada nya saingan atau banyaknya yang seperti mereka mencari nafkah seperti ini. Sebagai masyarakat gue sangat sedih dengan keadaan mereka ini, dalam Undang-undang kan tercantum bahwa kaum disabilitas seharusnya dijaga dan dilindungi oleh pemerintah. Dan nyatanya mana? Disabilitas harus melakukan sebuah profesi yang sangat kurang layak menurut gue, coba deh kita pikir, malem-malem, jalan kaki muter2 komplek, capeknya itu gimana. Disabilitas(tuna netra) tempat gue semuanya berprofesi seperti ini dan mereka harus "bersaing" untuk mendapatkan pelanggan.





(Foto-foto diatas diambil sama temen gue yang tinggal juga di perumahan tersebut, mereka ini lagi duduk buat istirahat dan biasanya duduk nya di pinggir jalan raya supaya mereka bisa diliat sama warga, ya bisa dibilang seperti "mangkal" gitu. Dan pastinya juga mereka lagi kecapekan.)



Mengapa tidak ada yang melirik mereka untuk bekerja yang lebih layak contohnya bekerja di bidang industri, atau kantoran dan bekerja di perusahaan swasta. Ya menurut gue minimal mereka punya penghasilan tetap dan digaji tiap bulan nya, 'pandangan masyarakat' bahwa mereka tidak mempunyai sebuah kemampuan untuk bekerja di sebuah bidang tertentu. Kita harus akui bahwa pengelola industri atau kantor menganggap manusia yang tidak disabilitas lebih mempunyai skill daripada para penyandang disabilitas, padahal sudah banyak fakta di negara kita ini penyandang disabilitas tunanetra mampu berprestasi.

Seperti contoh dalam video di bawah ini, yang gue ambil dari youtube.com

video

Gue terharu banget dengan kata-kata dari perempuan tunanetra di video ini nama nya Mia, dia bilang gini : "walaupun aku punya kekurangan, tapi aku gak mau kalah dengan orang normal biasa" . Sumpah gue merinding dengernya.

Nah ada juga faktor psikologis yang dialami oleh disabilitas untuk menjadi manusia berprestasi, pastinya mereka menganggap keterbatasan fisik mereka menjadi sebuah hambatan untuk berprestasi dan ada rasa minder dalam benak mereka. Seharusnya para tunanetra lainnya memiliki cara pemikiran seperti perempuan dalam video tersebut. Keterbatasan itu bukan hambatan sob, ayo berbuat sesuatu unutuk diri kalian, tunjukin kepada dunia kalian bisa menjadi manusia yang hebat.

Kita sebagai manusia yang harus hidup sosial dengan manusia lain nya seharusnya memberikan sebuah semangat dan merubah perspektif tunanetra agar mereka tidak minder untuk melakukan perubahan dalam hidup mereka. Disabilitas kebanyakan pasrah dengan apa yang diberikan oleh Tuhan, padahal pasti ada makna dibalik kenapa Tuhan memberikan sebuah kekurangan. Inget kan kata-kata mutiara yang bilang gini "Dibalik kekurangan pasti ada kelebihan". Dan kita semua sebagai masyarakat tidak boleh memandang sebelah mata  penyandang disabilitas, kita semua sama di mata Tuhan. Jangan membeda-bedakan karena mereka punya kekurangan.

Gue ambil contoh gini, di rumah gue para tunanetra kan berjalan kaki seperti yang gue ceritain di atas, pikir aja gini : kenapa ya mereka kan gak bisa liat tapi mereka gak pernah nabrak? karena para tunanetra  punya insting, nurani dan hati yang kuat! Coba deh dibandingin dengan para pemerintah dan anggota DPR yang hidup hedonis di atas penderitaan rakyat, atau para koruptor. Mereka punya kesempurnaan panca indera tapi gak punya insting, nurani dan hati ngeliat rakyat yang masih banyak kelaparan dan hidup susah. Percuma punya kelebihan fisik tapi gak punya hati, mereka bisa dibilang juga disabilitas, yaitu disabilitas nurani. Lebih baik disabilitas fisik menurut gue daripada gak punya hati nurani.


Nah http://kartunet.com/ mempunyai semangat yang sama dengan perempuan di video tadi. Website Karya Tunanetra merupakan sebuah sarana atau wadah para penyandang disabilitas untuk berkarya seperti menulis dan karya-karya lain nya ataupun mengangkat isu-isu tentang disabilitas. So, di http://kartunet.com/ masyarakat bisa mengetahui para disabilitas dapat berkarya dan mempunyai kreatifitas. Keterbatasan bukan hambatan bro! 


Kontes Blogging Kartunet 2011



Always Hard to Make a Change

Selasa, 08 November 2011 · Posted in , ,

Umur 21 Tahun


Tepat di tanggal ini yaitu 8 Nopember 2011 umur gue menginjak 21. Sesuai dengan judul post ini, selalu susah membuat sebuah perubahan. Banyak ucapan yang datang, dan gue cuman bisa jawab "amien makasi ya" . Apakah suatu saat nanti doa atau ucapan dari orang2 sekeliling gue bisa terkabul ya?
Gue selalu coba buat mensyukuri apa yang ada dalam hidup ini, semoga diumur yang semakin bertambah ini gue bisa melakukan sebuah perubahan untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Amien. 
Semakin dekat ke 2014. Apa bisa ya gue lulus kuliah di tahun itu, dan bisa langsung dapat kerja?
Semoga di 2014 nanti gue udah bisa jadi sarjana, dapet kerja yang gue pengenin, lancar gak ada hambatannya. Amien(lagi2 amien aaahhh)

SEMANGAT!!!

Di pikiran gue cuman ada kata 2014 2014 2014 2014 2014 2014.
Pada saat orang di seluruh dunia merayakan pesta sepakbola terbesar sejagad yaitu Piala Dunia, Apa bisa gue ngerayain udah lulus kuliah di tahun target gue ini. Ini cita-cita jangka pendek gue!!!
Gue jujur takut ini gak terkabul, tapi gue bakal usaha supaya ini terkabul. janji!
Dan semoga timnas sepakbola favorit gue yaitu Inggris bisa juara di Piala Dunia 2014 ini. Oya, tahun 2014 Indonesia pemilu kan, nah gue berharap Indonesia punya pemimpin yang tegas, dan bersih pokoknya dia jujur dan hebat, siapapun orangnya. Ini Buat Indonesia yang lagi kacau banget menurut gue. Nah pas banget juga dengan judul post ini, selalu susah melakukan perubahan di Indonesia, tapi gw yakin kalau Indonesia punya pemimpin yang jujur dan iba terhadap penderitaan rakyat, Tuhan pasti berikan jalan yang mudah buat ni negara.

Ternyata ada 3 hal besar di tahun 2014 :

  1.  Target Jadi Sarjana
  2.  Piala Dunia
  3.  Pemilu Di Indonesia


Doa gue buat ketiga ini yaitu, gue bisa lulus kuliah di tahun 2014. Yang kedua, gue sebagai pecinta sepakbola mengharapkan di piala dunia tahun 2014 ini, kita semua sebagai pecinta sepakbola disuguhkan oleh permainan atraktif dan menghibur tiap negara kontestan, dan semoga Inggris yang juara. Kalau yang terakhir ini buat kemajuan bangsa, kalau buat pemilu legislatif gue pesimis dengan caleg2 yang bersih, okelah kita bahas yang buat pemilihan presiden dan wakilnya aja, semoga Indonesia punya pemimpin yang bener2 kerja buat kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat. Amien Amien.

Diberdayakan oleh Blogger.