Jadi Mahasiswa FISIP Itu Enak

Jumat, 23 Desember 2011 · Posted in



Kenapa gue bilang enak ya karena emang enak. Yaudah itu aja. Ya enak. Udah ya postingan ini. Bye.
hahaha.

Yang jelas begini gue suka nulis dan analisa. Nah jadi sesuai dengan yang gue suka. Gue gak suka itung2an dan rumus2an. Kalau dosen udah ngasih tugas pasti rata2 tugas yang dikasih ke kita disuruh sesuai dengan pendapat kita. *Analisa mana Analisa*
Begitu juga kalo gue mau ujian, pasti aja soal nya kita disuruh menganalisa sebuah isu tentang politik. Apalagi buat gue, gue suka nulis dan gue suka berpendapat. Nah jadi gue seneng banget jadi Mahasiswa FISIP, Ya bahasa gaul nya ya bisa dibilang "Gue banget". 

Contoh nya waktu itu gue ada mata kuliah Sistem Politik Indonesia, dan salah satu soal UTS gue begini " Kemukakan pendapat anda tentang Reshuffle kabinet pemerintahan SBY". Gue seneng banget kalo disuruh menganalisa sesuatu hal. Nah gue langsung jawab dengan cara gue menganalisa dengan yang gue tau dan yang gue yakinin. Jadi gak perlu nyontek dan gak perlu belajar dan pasti nya gak ada di buku kan, ya nama nya juga pendapat kita. Ya Alhamdullilah juga nilai gue buat mata kuliah Sistem Politik Indonesia dapet A.

Inti nya jadi Mahasiswa FISIP itu harus update dengan berita/peristiwa yang sedang terjadi biar kita mudah dan gampang makanya kita harus selalu nonton/baca berita. Biar kita jadi update tentang apa yang lagi terjadi di dunia ini.

Menganalisa sebener nya gak gampang dan sebaiknya jangan buat pendapat yang monoton. Nah, membuat pendapat itu memang harus ada inspirasi dan pengetahuan juga biar pendapat/analisa kita bagus dan gak "biasa".

Alhamdullilah juga soal2 dari dosen gue adalah soal2 yang lagi hangat2 nya terjadi dan berhubung gue kalo nonton TV itu sering nonton berita, nah jadi terbantu deh kalo mau menjawab soal.

Membuat pendapat harus sesuai dengan apa yang diyakini dan juga jangan monoton apalagi ikut2an orang. Yang penting pede aja dulu.
Berpendapat itu mengeluarkan unek2, jadi unek2 kita tentang negara kita yang lagi kacau ini bisa tersalurkan di kuliah dan bisa dapet nilai.

Nah mungkin juga banyak sebagian orang yang berpendapat bahwa jadi Mahasiswa politik itu identik dengan vandalis, ya bisa kita liat dari Mahasiswa yang orasi di lapangan. Nah menurut gue gak semua Mahasiswa politik begitu. Ya kita tinggal gak usah ikut2an begitu. Ya sebenernya sih wajar kalo Mahasiswa pada orasi dengan hal2 yang vandalis, ya istilah nya orasi dengan sopan/halus aja gak di denger, ya mungkin mereka mencari perhatian dari pemerintah dengan cara yang sedikit vandalis biar didenger.

Ada juga pendapat dari orang2 bahwa jadi Mahasiswa FISIP itu bisa jadi jalan buat jadi seorang politisi. Mungkin Mahasiswa lain ada yang setuju mereka ingin jadi seorang politisi. Tapi gue gak, gue gak mau jadi politisi.

Nah gue ada sedikit cerita, waktu itu ada pemilihan Mahasiswa gitu di kampus, ya pemilihan buat presiden BEM dan pemilihan Himpunan segala macem. Dan ternyata politik kampus itu keras juga. Waktu itu ada Mahasiswa laen yang nyamperin gue, padahal sama2 gak kenal, dia bilang gini : "aa, ntar coblos nomor segini ya". dan kampanye pun juga cukup gila2an juga. Ada yang buat spanduk, stiker, segala macem nya persis banget kalo lagi Pemilu Legislatif dan Presiden.
Bahkan ada sebuah partai di kampus gue, yang menjanjikan nraktir Mahasiswa2 kalo ada Mahasiswa yang nyoblos Partai tersebut. Ternyata baru jadi Mahasiswa dan hanya buat dapetin jabatan di kampus bisa ada yang sampe segitu nya ampe pengen ngeluarin duit banyak. Aw! Money Politics nih sob!

Ya gue gak terlibat dengan politik kampus, tugas gue di kampus ya kuliah bukan buat ikut2an begituan.

Ya mungkin mereka ikut andil dalam politik kampus hanya ingin cari pengalaman, atau mungkin mereka juga pengen terjun ke dunia politik dan belajar sedikit2 tentang dunia politik Ya sudah jangan ganggu kesenangan mereka, mungkin mereka merasa senang dengan hal2 tersebut. Ya kita gak usah ikut campur.

Kok jadi bahas politik kampus ya.

Ya yang inti nya bagi yang sama kayak gue yang suka nulis dan menganalisa pokok nya pas banget kalo jadi Mahasiswa FISIP dan bagi yang suka dan care sama negara bisa tersalurkan kalo jadi Mahasiswa politik.
Dan pasti nya buat yang gak suka dengan hal2 yang berbau dengan itung2an dan rumus2an segala macem nya.

4 Hal yang gue seneng jadi Mahasiswa FISIP :

1. Menulis
2. Menganalisa
3. Berpendapat
4. Gak ada itung2an nya (tapi ada mata kuliah statistika, ya cuma 1 mata kuliah doank sih, masih bisa diakalinlah)

Ya semoga jadi Mahasiswa FISIP memang jalan gue buat tempat belajar.

Yang jelas bukan mengarang andelan seperti waktu gue SD. Yang karangan nya berupa : "Pada liburan sekolah aku berlibur di rumah nenek". Atau gak yang kata awal nya : "Konon dahulu kala", atau "Pada zaman dahulu kala".
Ya buset dah!  *Geleng geleng kepala*

7 Responses to “Jadi Mahasiswa FISIP Itu Enak”

  1. Wah, setelah baca tulisan ni jadi gak ragu lagi buat Daftar ulang di FISIP..Hobby pun sama -menulis,menganalisa,berpendapat,dan gak pake itung2an. Salam FISIP bang!

    BalasHapus
  2. Wah, setelah baca tulisan ni jadi gak ragu lagi buat Daftar ulang di FISIP..Hobby pun sama -menulis,menganalisa,berpendapat,dan gak pake itung2an. Salam FISIP bang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus kalo gitu. senang ane bisa membantu :)

      Hapus
    2. Bisa minta nomer hape mungkin? Atau kalo enggak nick facebook or twitter. We are the same. Aku fisip juga. Kita bisa sharing nih .

      Hapus
    3. kan di sebelah kanan blog ini ada twiter saya. :)

      Hapus
  3. Mas,apa bener di jurusan FISIP gk ada itung'2an ?? Cuma ada statistika,Berati gk ada matematik donk ?

    BalasHapus
  4. Kayanya fisip jatuhnya terlalu ke politik ya?

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.