Derita jadi orang cadel

Sabtu, 03 Desember 2011 · Posted in ,


Huruf ini kenapa ada sih. Loh kenapa gue jadi nyalahin ini huruf. Ciri-ciri orang putus asa gak bisa ngomong 'R'. Gue masih inget gimana temen2 gue ngeledekin gue. "Coba lo ngomong : uler melingker lingker di atas pager". Yah apa pun ledekan kalian semua tetep aja itu cuma bisa bikin kesel, yang kata mereka ada makna di balik ledekan itu, ya minimal bisa belajar lancar ngomong R dengan kata2 yang banyak R nya. 
Nama gue pun ada R nya yaitu Rizky, yang nambah orang2 semakin gampang buat ngeledek gue, "coba nama lo siapa?". Padahal udah kenal tetep aja sok nanya nama gue, bilang aja langsung kenapa coba, pake ada acara nanya nama  gue yang ada R nya. Ya tinggal langsung ngeledek aja apa susah nya kan, dasar cadel lo!! Nah gampang kan buat ngeledek nya, gak repot dan cepet buat puas dan langsung nyampe ke hati. 

Terus ada lagi nih yang bikin kesel, gue ngomong gini ke temen gue waktu gue mau ngidupin rokok dan gue gak punya korek, gue bilang : "pinjem korek donk". Temen gue bilang : "apa? apa? lo mau minjem apa tadi?". Busetdah dengan gaya sok gak denger dan sok tuli gitu kan. Gue udah ngerti maksud terselubung dari pura2 tuli itu. Kan korek ada R nya. Dan gue gak jadi ngebakar rokok gue, jadi nya gue ngebakar lidah gue dan pergi bentar ke warung buat beli minyak tanah dan gue bakar itu lidah, gue bakar setelah gue copot lidah nya dari mulut gue. Setelah gue bakar terus gue taro di tengah jalan biar kelindes sama angkot. 

Yang jelas gue gak bisa bales ledekan orang2, ya abis gimana coba, mereka bisa ngomong R, dan gue cuman bisa punya 1 alesan andalan kenapa gue gak bisa ngomong R, yaitu : "maklum gue kan orang Inggris, jadi gak bisa ngomong R".  
Tertolong sedikit karena ada nya bahasa Inggris.

Gue kuliah jurusan komunikasi yang pasti nya selalu berbicara depan orang banyak. Tapi semenjak gue ikut workshop Riko Anggara, dia itu reporter sctv yang dateng ke kampus gue. Nah dia itu cadel juga, dia pernah bilang ke bos nya, "memang nya kenapa kalau saya cadel?, terus dia bilang "emang cadel jadi hambatan gue buat siaran?.
Dia bisa buktiin cadel bukan jadi hambatan. Gue jadi termotivasi juga dan ngerasa cadel itu bukan sebuah aib yang harus di umpetin. Aha! berarti santai aja .

Banyak yang bilang juga katanya itu ya kalau cadel itu lidah nya pendek. Terus ada yang bilang ke gue : "coba gue liat lidah lo, coba keluarin lidah lo, gue mau tau pendek apa panjang." Dan langsung gue keluarin lidah gue. Dan apa coba kata temen gue itu, " ih lo ngeluarin lidah udah kayak anjing kelaperan".
Buset masih bisa aja bercanda dan menghina. Tertipu gue, dunia memang sangat kejam.

Gue penasaran banget dengan cadel ini, dan gue pernah coba rekam suara gue di handphone, terus gue ngomong : "uler melingker-lingker diatas pager dan uler nya muter-muter, dan gue ngucapin huruf rrrrrrr rr rrrr rrr , ngucapin R terus sampe gue capek. Dan udah selesai di rekam terus gue dengerin sendiri. Ya ampun sumpah gue ngakak terbahak bahak denger suara gue, sangking terbahak bahak nya gue ketawa, itu handphone sampe ketelen masuk ke mulut gue. Dan pas gue boker baru itu HP bisa keluar dari perut gue.

Ya wajar aja temen2 gue pada ngeledek cadel gue, suara nya mirip suara alien.

Setelah menyadari cadel yang begitu aneh ini, gue hanya bisa bersyukur aja dengan harapan ada sebuah keajaiban yang dateng dan gue bisa ngomong R suatu saat nanti. Amien. Dan ada sesosok peri yang dateng di tengah malam dan menbangunkan tidur ku. Peri R.

Dan rupa nya mungkin seperti ini :


Ya ampun kenapa muka nya begitu. Terus kenapa ada huruf R di itu nya.. 
Ini peri utusan dari siapa? Rico Ceper?

16 Responses to “Derita jadi orang cadel”

  1. bagi pengalaman aja gan.. kali aja membantu..

    http://bilah-asa.blogspot.com/2012/03/cara-mengucapkan-huruf-r-cadel-bagian-1.html

    BalasHapus
  2. aku smp kelas 2 baru bisa bilang R, caranya pas hari jum'at manis, lidah si cadel di gores pakek emas, y bisa cincin atw yg laen dah, yg pnting emas, jgan lupa pas orang" ada di mesjid di kerjakan, ga papa lah skali g ke mezjid,.
    sehabis tu, latian dah bilang R, sekeras mungkin, dan jgan malu" minta di ajarin ke temen atw ortu.
    Insya allah bisa, mudah"an bermanfaat, amien.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke oke, thnks ya. tapi cadel itu malah kadang jdi ciri khas. hahay

      Hapus
  3. coba dah apah lidah lu kalo di julurin. ujung lidah lu ngebentuk kya love gitu?

    BalasHapus
  4. sob..jadi orang cadel itu emang banyak cobaan nya..
    Cacian dan makian udah gua rasain tiap hari..
    Kalo bisa kita buat grup orang cadel
    biar semua orang puas atas kekurangan kita

    salam kenal sob

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Salam kenal sob :)

    Sabar aja sob. Walaupun memang sakit kalo kita di olokin orang gak bisa ngomong "R" tpi kita harus tetap berjuang dan jangan menyerah.

    thanks sob atas info nya. Sekarang aku mau belajar "R" dulu.

    Keep smile and Keep strong sob.

    Semoga maju terus blog nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga :)
      terima kasih ya bro, jadi cadel itu lucu kok. :))
      semangat buat andabuat belajar. itu juga kalo sanggup. haha.

      tks ya.

      Hapus
  7. ya,q juga cadel,q selalu kalo suruh baca olech guru qu ya didlem hati qw pasty udah ad rasa takunya
    tpi q pngen bnaget bz bilang R
    kyaknya tuw asyyiikk banget kalo bz blang R gx di hina truz sama temen"rasanya maluuu bangeet:(

    BalasHapus
  8. Kalau ga bisa ngucapin abjad ke-18, ga usah dipake aja, cobalah latihan nulis maupun ngomong dengan alfabet yang tidak lengkap. Alih-alih nyebut nama kotanya, kita nyebutnya "ibukota Indonesia", misalnya. Toh semua pembaca juga pada tau kan ibukota Indonesia di mana? Latihan kayak gini menambah kosakata kita sekaligus meminimalkan kemungkinan dijadiin bahan ejekan akibat gak bisa melafalkan bunyi abjad ke-18 dengan betul.

    Coba Anda baca tanggapan ini dengan lantang. Jika Anda cadel, Anda akan mendapati bahwa tanggapan ini bisa Anda baca dengan baik tanpa kesalahan. Ini adalah contoh tulisan yang tidak memuat abjad ke-18 dalam bahasa Indonesia sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju nih..

      saya juga cadel. sebel tiap ngomong selalu diejek, jadi saya suka ganti kata yang ada abjad ke-18 dengan kata lain.

      Hapus
  9. Untung aja namaku gk ada R nya. Tapi sakitnyyaaa itu dalam banget gk bisa bilang R dari sd pun malahan sampe sekarang tetap aja di ledekkin *curhat

    BalasHapus
  10. birgitta carissa16 September 2016 17.30

    Saya juga cadel,susah banget ngomong r ,malah nama saya juga banyak r,kalau kenalan nama carissa jadi orang denger calissa kesel bgt,terus kalau presentasi pasti banyak r dan kedengerannya pasti gak jelas dan itu pasti ada aja yang ngetawain rasanya mau bilang nggak ngerti banget sih orang cadel,banyak yang bilang kamu ngomong bahasa apa sih car?terus kemaren pas presentasi diejek sama dosen padahal ngomong udah jela,tp dibilang gak jelas,pelan lagi padahal udah jelas ,kenceng kesel bgt pokoknya

    BalasHapus
  11. He he...aq pikir g sedalam ini..trnyata d luar sn byk...qt 5brsaudara cadel smua tp its ok g prnh ad mslh..mgkn krn qt pintar jd mereka takut ngolok* ha ha

    BalasHapus
  12. He he...aq pikir g sedalam ini..trnyata d luar sn byk...qt 5brsaudara cadel smua tp its ok g prnh ad mslh..mgkn krn qt pintar jd mereka takut ngolok* ha ha

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.