Konsep Bahagia

Minggu, 27 November 2011 · Posted in



Gue sering mengamati orang2 sekitar gue dan di dunia ini  tentang sebuah kata dan makna dari bahagia, dan gue bakal ngebahas tentang bahagia kali ini lebih tepatnya konsep bahagia menurut orang2 dan dari hasil pengamatan gue, dan pastinya konsep bahagia orang2 itu berbeda. Menjadi manusia yang bahagia kan begini 'mensyukuri apa pun yang ada dalam hidup kita dan gak pernah ngeluh dengan apa yang terjadi dalam hidup kita'. Itu jawaban yang simple tentang gimana konsep bahagia tapi susah buat dijadiin prinsip hidup agar kita menjadi manusia yang bahagia.

Ada juga yang mungkin konsep nya begini walaupun gak "diakuin" sama orang2 tersebut,  mereka merasakan bahagia kalau begini :
1. Ketika mereka sedang di sorot.
2. Ketika di puja2 oleh orang2.
3. Bisa beli barang2 yang di mau dengan mudah dan punya segala nya.
4. Ketika Lagi punya banyak uang.
5. Gak pengen punya masalah dalam hidup nya dan pengen hidup nya merasa bahagia terus tanpa ada hal yang bikin dia sedih.

Nah gue bakalan komentarin dari point2 di atas :

1. Disorot karena apa dulu nih? kalau di sorot karena prestasi dan sebuah hasil dari kerja keras nya gue setuju aja . Tapi kalau di sorot karena sensasi yang di buat, wah itu salah banget. Contoh nya ya bisa diliat di TV, banyak artis yang nyari sensasi yang murahan dan aneh banget menurut gue, gak bisa gue sebutin satu2. Pasti nya juga pada tau semua kan tingkah laku yang aneh dari orang2 yang begini, orang2 gini mah banyak banget di Indonesia. Ketenaran di raih karena ada nya sebuah hal yang di raih bukan karena sensasi semata.

2. Di puja oleh orang2 banyak mungkin suatu hal yang pengen ada dalam diri seseorang. Tapi perlu di sadari dulu oleh kita semua, sebenarnya ini hampir sama dengan yang nomor satu tadi.Gue ambil contoh gini, banyak banget orang2 yang pengen seperti para idola mereka, dan ngikutin perkembangan idola mereka bahkan ada yang ngikutin cara dandanan nya dan mencoba di mirip2in dengan idola nya tersebut. Karena kan pasti nya idola mereka tersebut di puja2 oleh orang banyak.
Seperti cowok asal Filipina ini, dia sampe operasi plastik buat mirip banget dengan idolanya yaitu Superman. Lebay ini orang menurut gue. Gue setuju banget dengan Band asal bali yaitu Superman Is Dead. Filosofi kenapa band ini ngasih nama seperti itu alesan nya adalah "DI dunia ini gak ada manusia/mahluk sempurna seperti Superman". 
Dan itu hanya di sebuah film yang menurut gue 'pembodohan' buat masyarakat. Cowok ini pasti nya merasa bahagia banget kali ya ketika dia udah operasi seperti itu. Dia udah menyalahkan kodrat nya dan membuat dosa yang sangat besar karena dia udah mengganti/tidak mensyukuri apa yang udah diberikan oleh Tuhan Sang Pencipta.
'Dunia semakin kacau'. 

3. Ketika bisa membeli barang yang di mau menurut sebagian orang bisa membuat nya bahagia, dan punya segala nya yang dimau. Menurut gue, gue setuju dengan konsep bahagia yang satu ini. Tapi gue berpendapat bahwa kalau orang bisa membeli barang dengan hasil uang sendiri dengan kata lain tidak meminta barang yang mau dibeli dari orang tua! Pengamatan gue gini banyak orang Indonesia membeli barang dengan melihat 'gengsi' bukan nya fungsi atau kegunaan dari barang tersebut. Ya inilah orang Indonesia punya barang mahal/bagus karena lebih kepada faktor 'gengsi' daripada kebutuhan. Walaupun mereka gak mau ngaku 'gengsi' nya yang tinggi tersebut. Bukan masalah gue mau ikut campur masalah orang lain tapi ini jadi sebuah problem orang2 Indonesia yang susah maju dan gak bisa berpikir dengan logika nya. Ya jangan salahkan siapa pun kalau negara kita sekarang banyak tertinggal dari negara lain nya. Ya warga Indonesia nya aja pada begini.

4. Punya uang banyak semua orang mau. Tapi punya uang banyak dengan hasil keringat sendiri itu luar biasa. Orang2 yang mempunyai uang banyak dan mencari uang dengan kerja keras sendiri bersiaplah untuk hidup bahagia kelak.

5. Gak punya masalah dalam hidup mustahil banget. Di sekeliling gue begitu banyak orang2 atau temen2 gue yang hidup nya 'menggerutu' aja. Selalu bilang gini "kenapa sih hidup gue begini banget", "pusing gue kalau begini terus". Mereka hanya bisa mengeluh dengan apa yang terjadi dengan kehidupan mereka. Hidup ini singkat guys jangan berlama-lama dengan kesedihan. Masalah dateng ke lo itu karena lo gak bisa merubah hidup lo. Lo bisa nya cuman ngomong dengan hal2 yang gak lo lakuin. Maksud gue itu "ayo dilakuin/dikejar/diraih/diubah hidup lo dengan cara2  yang lo yakini dengan idealis lo dan jangan di omongin aja tapi gak pernah bertindak. 
Kita semua bisa ngeraih cita2 kita dan kita semua bisa hidup bahagia kalau kita usaha dan jangan diem aja. Kebahagiaan yang kita idam2kan gak dateng dengan sendiri nya atau berubah gitu aja. Tapi karena kita kejar.

Kita kan dalam kehidupan ini berperan sebagai :

1. Anak dari orang tua kita dan sebagai anggota keluarga.
2. Warga yang tinggal di sebuah negara.
3. Umat dari Tuhan kita.

Pendapat gue tentang 3 point di atas begini : gue bisa bahagia kalau sebagai anak bisa buat orang tua gue seneng kalau gue udah bisa bikin mereka bangga . Yang ke dua gue bisa bahagia kalu gue sebagai warga negara bisa berbuat sesuatu buat negara contoh nya bisa ngelakuin sesuatu hal buat kemajuan negara. Yang ketiga gue bisa bahagia kalau gue suatu saat nanti bisa menjalankan apa perintah dari agama gue yaitu agama Islam dan menjauhkan segala larangan dari agama gue.

3 konsep bahagia di atas itulah bahagia yang sebener nya dengan di tambah kalau kita udah bisa mewujudkan semua cita2 kita. 


PERGILAH MENCARI KEBAHAGIAAN DAN PULANGLAH DENGAN  MEMBAWA KEBAHAGIAAN


Bahagia itu kita yang buat, bukan dateng apalagi kita tunggu. Kita menunggu kebahagiaan? Gak akan pernah dateng bahagia nya. Ayo menciptakan kebahagiaan. 



5 Responses to “Konsep Bahagia”

  1. Bahagia itu sederhana, mungkin gak harus kaya raya, tapi damai dan berkecukupan.

    Gue bahagia disaat gue laper gue bisa makan, gue bahagia ketika udah 3 hari ngga bisa boker akhirnya bisa boker, gue bahagia ketika boker bisa sambil ngerokok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah tul banget tuh....

      Hapus
  2. lu bahagia kalau ada lalap aja. ahaha

    BalasHapus
  3. aku kira, akan bahagia ketika aku dah menikah dan punya anak... ah ternyata bahaia itu sulit diraih, kerena ketika sudah menikah dan punya anak selalu ada aja persoalan yang datang... jadi definisi bahagia itu menurut KU jika kita dah bisa ikhlas kali ye...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nikah bukan utk skedar kenikmatan pak. haha.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.